Investasi Properti di Australia Dapat Membiayai Sekolah Anak?

Bagi yang berencana menyekolahkan anaknya ke luar negeri tentu dihadapkan dengan biaya sekolah yang tinggi. Beberapa cara pun dipakai untuk meminimalisasi pengeluaran tersebut dengan investasi properti salah satunya. Ditambah lagi ketik sekolah sang anak pun perlu sewa apartemen bukan? sehingga cocoklah ketika di tawarkan apartemen oleh agent off-the-plan yang memberikan janji capital gain selama masa anak bersekolah.

Biasanya agent akan bilang, “Ngapain kita bayar sewa untuk properti orang lain? mendingan bayar punya kita sendiri saja!”. Coba anda pikirkan baik-baik kalau semua agent datang ke semua negara yang anaknya sekolah di australia untuk beli apartemen, lalu siapa yang mau sewa? sedangkan orang lokal maunya sewa rumah sama-sama dengan jarak diluar city karena kualitas hidup dan sekolah lebih baik. Tidak heran saat ini ketika artikel ini ditulis Melbourne mengalami over supply dan banyak properti yang tidak ada penyewanya.

Mengenai capital gain. Pertanyaannya apakah benar properti anda akan mendapatkan capital gain setelah beberapa tahun? jawabannya nanti ada pada anda sendiri setelah saya berikan fakta-fakta secara berimbang dibawah ini.

Apa itu capital gain? capital gain adalah keuntungan yang anda terima karena kenaikan harga properti dengan berlalunya waktu. Sayang sekali saya bukan orang bank jadi tidak dapat memberikan hitung-hitungan diatas kertas. Namun anda dapat membayangkan sendiri sebelum anda mengambil keputusan untuk membeli properti tertentu di Melbourne.

Jangan membeli karena harga tergiur akan DP yang sangat murah yaitu hanya 10% namun nantinya anda akan terikat hutang dan bunga yang besar dalam waktu yang lama. Dan yang jauh lebih menyesalkan lagi adalah harga yang mereka jual kepada anda itu harga yang sudah ketinggian alias overpriced plus supply yang banyak jadi mau jual pun susah!

Kesimpulan saya cukup sederahana dan sudah beberapa kali disebutkan di artikel yang lain juga. Jangan membeli hanya karena pendapat agent saja. Baca juga beberapa article yang sedang dibangun untuk tips dalam mengambil keputusan agar lebih mantap!