10 Perbedaan Investasi Rumah dengan Apartemen di Australia. (Indonesian)

Bagi beberapa investor yang sudah memulai investasi Property di Australia, banyak yang hanya berinvestasi dalam bentuk tertentu saja. Hanya rumah saja ataupun hanya apartemen saja. Sementara tipe pembelian dan investasi ini bisa menjadi faktor yang memberikan perbedaan signifikan dalam jangka waktu yang lebih jauh.

Berikut perbedaan antara Investasi Rumah (House and Land) dengan Apartemen. Perbandingan dari Apartemen dan Rumah akan dijabarkan dalam beberapa poin;

  1. Lokasi

Rata rata rumah memiliki jarak yang lebih jauh daripada apartemen ketika acuan dijadikan kota, namun dengan perbedaan ini tidak terlalu signifikan kedalam investasi dikarenakan perkembangan kota di Australia yang menyebar dan kehidupan tidak terfokus di Kota atau CBD.

Alasan mengapa ada terjadi pembangunan di Suburb/pinggiran juga dikarenakan sulit untuk menemukan tanah kosong dengan harga terjangkau di CBD dan kebanyakan akhirnya pembangunan terfokus di Apartemen kalau di kota.

  1. Proximity

Jarak tempuh dari Rumah ke kota sekitar 10-30 menit melalui kereta, yang perlu diperhatikan adalah apakah pembangunan dekat dengan transportasi massal atau tidak. Tapi umumnya para penyewa memiliki mobil sendiri jika membeli rumah. Apartemen disatu sisi lainnya memiliki kepentingan khusus untuk transportasi massal jika ingin tersewa dengan baik.

  1. Tipe Penyewa (tenant)

Rumah biasanya disewa oleh keluarga muda, keluarga yang pensiunan maupun investor yang downsizing dari CBD/kota ke suburb yang lebih sepi. Sementara Apartemen biasanya disewa oleh pasangan yang tidak punya anak maupun pekerja dan pelajar (mahasiswa). Apartemen yang berada didekat fasilitas kota memiliki daya tarik tinggi bagi generasi  muda.

  1. Cara Pembelian dan Hak Milik

Rumah memiliki hak atas tanah dan bangunan, kontraknya ada dua. Sementara Apartemen memiliki hak atas bangunan. Pembelian rumah ada pembayaran bertahap dan Apartemen lebih sederhana, DP 10% dulu dan setelah serah terima sisa DP dan pinjaman.

  1. Biaya Maintenance dan Nilai Sewa

Rumah biasanya memiliki maintenance kecil atau tidak memiliki biaya maintenance apa apa. Sementara apartemen memiliki Body Corporate. Jika tidak ada garansi, biasanya rumah memiliki harga sewa yang lebih rendah daripada apartemen, secara umum Indeks di Australia rumah memiliki tingkat harga sewa sekitar 4% dari harga beli sementara apartemen memiliki tingkat sewa sampai 5.5% di beberapa kota di Australia.

  1. Fasilitas

Apartemen memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap, mulai dari kolam renang, bioskop, spa dan lain lain. Rumah biasanya tidak memiliki fasilitas apa apa, meskipun ada beberapa kompleks yang memiliki clubhouse ataupun park. Rumah membutuhkan perhatian ekstra, mulai dari perawatan tanaman, kebersihan dan lain lain, sementara Apartemen lebih gampang diurus dikarenakan ada pihak ketiga. Namun pembiayaan penataan rumah bisa jadi tanggung jawab investor (lewat property manager) .

Rata rata apartemen memiliki lantai tinggi

Rumah memiliki luas yang lebih besar tapi biasanya lebih jauh dari CBD

  1. Harga

Beberapa Apartemen memiliki harga yang lebih mahal dikarenakan fasilitas maupun lokasi yang strategis. Rumah biasanya akan selalu lebih murah harga per meternya.

  1. Capital Growth

Banyak yang memilih apartemen dikarenakan demand yang sangat tinggi. Namun perlu cermat dalam pemilihan aset dikarenakan beberapa daerah cenderung oversupply dan bisa memiliki resiko koreksi. Rumah memiliki sejarah Capital Growth yang sangat baik karena harga awal pembelian yang murah.

  1. Ukuran dan Versatilitas

Rumah rata rata memiliki ukuran diatas 100m persegi dan bisa sampai 700m persegi, sementara apartemen standar memiliki ukuran 65-70m persegi. Rumah juga jauh lebih berdaya kalau mau  direnovasi,  dihancurkan dan dibangun lagi.

  1. Kelebihan Dasar dan Kesimpulan

Rumah memiliki kualitas bawaan standar sementara apartemen terkadang memiliki oven, benchtop yang berstandar Eropa. Rumah memiliki sewa yang rendah namun kenaikan capital yang lebih stabil, sementara apartemen memiliki sewa yang tinggi dan standar kenaikan harga yang tidak setinggi rumah. Sebaiknya punya dua-duanya jika anda ingin menjadi Investor Properti yang sukses.